Connect with us

Tanah Papua

Forum OPD Kabupaten Mimika Serap Program Musrenbang Tingkat Distrik

Published

on

TIMIKA,KTP.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika tahun 2021 ini, mulai menyerap aspirasi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) yang diusulkan oleh 18 Distrik sebagai program kerja tahun 2022.

Sebanyak 552 program kerja yang diusulkan dari 18 Distrik di Kabupaten Mimika, Papua. Namun, 364 program yang menjadi perioritas utama sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika sedangkan sisanya ditunda.

Kepala Bappeda Mimika, Ir Yohana Paliling, Jumat (26/3/2021), di aula hotel cendrawasih 66, mengatakan sesuai hasil kesepakatan forum prangkat daerah Kabupaten Mimika tahun 2021 telah menyepakati beberapa hal.

Pertama menyepakati program dan kegiatan prioritas, dan indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan yang telah diselaraskan dengan usulan kegiatan prioritas dari Forum Perangkat Daerah Kabupaten Mimika.

Kedua menerima rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Mimika Tahun 2021. Ketiga Menyepakati daftar usulan program dan kegiatan lintas perangkat. Dan yang Keempat, hasil kesepakatan akan dijadikan sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Mimika Tahun 2022.

Yohana menambahkan dari Forum OPD yang diselenggarakan telah menghasilkan total sebanyak 552 usulan kegiatan.

“Total kegiatan yang disetujui adalah 346 kegiatan dengan sisa 206 kegiatan ditolak atau ditunda,” sebutnya.

Sekretaris Daerah Mimika, Michael R Gomar mengatakan, persoalan pokok yang dihadapi dalam perencanaan pembangunan terletak pada proses menentukan program kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Maka dari itu diskusi dan pembahasan secara intensif antara pihak Distrik dan OPD harus dan penting dilakukan.

“Saat ini kita dihadapkan pada keterbatasan sumber daya, dalam hal ini pendanaan maka pertemuan kali ini (Forum OPD) penting dilakukan agar dapat menyatukan dan menyelaraskan kebutuhan masyarakat dengan dokumen perencanaan strategis,” katanya.

Hasil kesepakatan yang telah dibuat, kata Gomar, juga akan digunakan sebagai bahan penyusunan RKPD untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah serta memastikan usulan distrik yang sudah disepakati dalam Forum OPD dilaksanakan.

“Saya imbau juga agar apa yang sudah disepakati benar-benar diperhatikan dan selanjutnya hasil kesepakatan antara Distrik dan OPD ini disesuaikan dengan Rencana Kerja OPD, untuk kemudian dibahas dalam Musrenbang Kabupaten,” katanya.

Hasil ini juga akan digunakan sebagai bahan penyusunan RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah serta memastikan usulan distrik telah disepakati dalam kegiatan forum perangkat daerah.

“Untuk mencapai kesepakatan antara pihak distrik dan OPD pasti terjadi perbedaan pendapat. Namun itu merupakan tindakan bijak dan arif bila kita menjunjung tinggi dan menghargai pendapat itu sebagai wahana untuk melakukan penyempurnaan, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pada tahap pengawasan atas setiap kegiatan agar sesuai dengan target dan sasaran yang telah kita tetapkan bersama,” jelasnya.

Selain itu, untuk menyepakati kegiatan yang sudah tertuang dalam berita acara maka Gomar menegaskan bahwa program kegiatan tersebut menjadi tanggung jawab bersama untuk dilaksanakan di tahun anggaran 2022.

Kesepakatan program dan kegiatan ini tentunya akan mengikuti kemampuan keuangan daerah di Tahun 2022, sehingga program kegiatan ini akan dilihat, diprioritaskan dan dijabarkan kembali sesuai visi misi bupati dan wakil bupati.

“Saya berharap Bappeda bersama tim anggaran dan pimpinan OPD menjabarkannya secara lebih terperinci apa sasaran yang akan kita capai di tahun 2022, ” Ujarnya.

Sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat dan program kegiatan yang dilaksanakan adalah program kegiatan prioritas yang sudah ada di dokumen RPJMD yang merupakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika. (How/Gow)

Berita terbaru

Tanah Papua5 hari ago

Bupati Nyatakan “Hentikan” Aktivitas PON XX PAPUA di Timika

TIMIKA,KTP.com – Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H menyatakan “Hentikan” segala aktifitas pelayanan terhadap PB PON XX Papua maupun yang...

Tanah Papua5 hari ago

Satu Anggota KKB Tertembak Di Ilaga

TIMIKA,KTP.com –  Personil gabungan TNI-POLRI melaksanakan patroli sekaligus merespon bunyi tembakan di Sekitar Bandara Ilaga Kabupaten Puncak Senin ( 7/6/2021)....

Tanah Papua5 hari ago

Proses PAW, DPRD Harus Gelar Paripurna Pemberhentian Ketua Karena Berhalangan Tetap

TIMIKA, KTP.com –  Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Mimika Rizal Pata’dan mengungkapkan, DPRD Mimika harus melakukan sidang paripurna untuk melengkapi...

Tanah Papua5 hari ago

Alex Tsenawatme Minta Dukungan Mayarakat Dalam Penyelesaian Nasib Ribuan Karyawan Moker

TIMIKA,KTP.com – Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme meminta dukungan seluruh masyarakat Mimika agar perjuangan nasib 8 ribu karyawan...

Tanah Papua5 hari ago

Calon Komcad  Wilayah Kodim 1710-Mimika Mulai Ikut Seleksi Litpers dan Rikkes

TIMIKA,KTP.com – Komponen Cadangan (Komcad) ditargetkan menjadi komponen pendukung dari komponen utama pertahanan negara yaitu Tentara Nasional Indonesia. Keberadaan komponen...

Tanah Papua5 hari ago

Datangi Gedung Dewan,  Mahasiswa Pertanyakan Proyek Siluman Pembangunan Kantor Dinas Pendidikan

TIMIKA,KTP.com – Puluhan mahasiswa gabungan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Timika dan  Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang...

Ekonomi6 hari ago

Retribusi Parkir Capai Rp 500 Juta, Dewan Harap Kedepan Harus Ada Target

TIMIKA, KTP.com – Anggota Komisi B DPRD Mimika Matius Uwe Yanengga memberikan apresiasi kepada Disperindag Mimika yang telah bekerja dan...

Tanah Papua7 hari ago

Polisi Gelar Razia Puluhan Sepeda Motor Terjaring

TIMIKA,KTP.com – Puluhan unit kendaran bermotor terjaring dalam razia yang dilakukan oleh Polres Mimika di beberapa titik jalan seperti di...

Tanah Papua1 minggu ago

Dekatkan Diri Dengan Masyarakat,  Kogabwilhan III Bersama Kompi A Yon 757 / GV gelar Komsos di Kampung Cendrawasih

TIMIKA,KTP.com – Kogabwilhan III, bersama Kompi A Yon 757 / Ghupta Vira Poumako, Sabtu (5/6/21). melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)...

Tanah Papua1 minggu ago

KKTB Dipukul Mundur, TNI – Polri Berhasil Kuasai Bandara Aminggaru

ILAGA,KTP.com –  Setelah berhasil memukul mundur Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata (KKTB), Sabtu, (5/6/2021).  kini Pasukan gabungan TNI-Polri berhasil menguasai wilayah...

Advertisement

Tanah Papua

Advertisement

Trending